Jumat, 21 Desember 2012

Peranan Tanaman Herbal

IT Herbal Sumber inforamsi kesehatan. Kasus beberapa penyakit mematikan seperti Penyakit Jantung, Stroke, Kanker dan masih banyak lagi yang lainnya merupakan jenis penyakit yang kini seringkali kita temui dan bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang menderita penyakit ini berakhir pada kematian. Banyak teori pengobatan untuk menangani jenis penyakit ini dari tindakan medis menggunakan teknologi modern, dan salahsatunya ialah :

Kemoterapi (bahasa Inggris: chemotherapy) adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit. Dalam penggunaan modernnya, istilah ini hampir merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker.

Pengobatan kanker dewasa ini hampir selalu melibatkan operasi, penyinaran dan atau kemoterapi. Tujuan kemoterapi pada penyembuhan kanker adalah menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel onkogen (kanker) pada tubuh pasien. Prinsip kerja obat-obatan kemoterapi adalah menyerang fase tertentu atau seluruh fase pada pembelahan mitosis pada sel-sel yang bereplikasi atau berkembang dengan cepat, yang diharapkan adalah sel onkogen yang bereplikasi. Obat kemoterami hampir tidak menimbulkan dampak pada sel yang sedang dalam masa beristirahat (tidak melakukan pembelahan), namun terkadang sel-sel rambut dan sel-sel yang sedang aktif membelah lainnya dapat terkena dampak obat ini apabila siklus mitosisnya berada dalam target obat-obatan kemoterapi yang sedang digunakan.

Akan tetapi apabila kita terlalu sering melakukan komoterapi maka akan menimbulkan efeksamping pada organ tubuh tertentu. Bahkan akan menimbulkan beberapa gejala seperti disgeusia. 
Gangguan pengecapan disgeusia adalah Gangguan rasa bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atau telinga, dan kadang dialami oleh orang yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi sebagai metode pengobatan. Dapat juga dialami oleh mereka yang pernah menjalani operasi hidung, tenggorokan, atau telinga, atau pernah mengalami cedera kepala serta kurang menjaga kebersihan mulut.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami gangguan rasa sementara akibat mengonsumsi obat atau antibiotik. Terlalu lama terpapar pada bahan kimia kuat seperti insektisida juga dapat menyebabkan gangguan ini. Untuk pemeriksaan lebih lanjut sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter THT. Gangguan yang bersifat sementara lazimnya bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Namun karena laju perkembangan pengobatan semakin cepat Peranan Tanaman Herbal pun sekarang digunakan sebagai solusi alternatif pengobatan penyakit, karena efeksamping dari ekstrak herbal sangat sedikit bagi kesehatan tubuh bahkan hampir tidak menimbulkan efek samping yang berarti bagi kesehatan tubuh manusia, biaya pengobatan juga dapat dijangkau oleh masyarakat yang kurang mampu dalam segi ekonomi.

Peranan Tanaman Herbal dalam mengatasi masalah kesehatan

Ekstrak Herbal Manggis
Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis. 
                                                  
Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat manggis dikatakan sebagai antikanker. Pasalnya, dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kankernya. Selain itu, sifat kulit manggis adalah antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker yang dapat diobati oleh antioksidan kulit manggis ini adalah kanker payudara, kanker darah (leukimia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati. Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi.XANTHONE juga dikatakan sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi dan gangguan pencernaan).

Rahasia Ekstrak Herbal Daun Sirsak
Sirsak (Annona Muricata L) selain memiliki buah yang segar dan menyehatkan tubuh, ternyata memiliki daun yang dapat menjadi obat untuk penyembuhan penyakit kanker. Hasil dari penelitian secara ilmiah daun sirsak mengandung anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosin acetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E.  Acetogenins di dalam sirsak inilah yang mampu melawan lebih dari 12 macam kanker diantaranya kanker paru-paru, kanker usus besar dan yang lainnya tanpa mengganggu sel-sel dalam tubuh manusia.

Kemampuan daun sirsak sebagai antikanker sebenarnya sudah berhasil di analisa oleh para ahli farmasi di Amerika pada medio tahun 1976. Berdasarkan data dan hasil penelitian, daya kerja zat anti kanker di dalam tanaman sirsak adalah 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat.

Itulah Peranan Tanaman Herbal yang memiliki manfaat dari ektrak herbal yang ternyata dapat dijadikan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit  degeneratif yang sangat efektif dan aman karena tidak menimbulkan efek samping negatif bagi kesehtan tubuh manusia.

>" Peranan Tanaman Herbal "<

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan acuan IT Herbal agar lebih baik lagi,.