Jumat, 21 Desember 2012

Tanaman Herbal Jahe

IT Herbal sumber informasi kesehatan.

Tanaman Herbal Jahe. Jahe tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal satu ini. Jahe memilki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai obat batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, perut kembung, serbat, gatal (obat luar), luka (obat luar), sakit kepala (obat luar), selesma (obat luar).

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Ciri Morfologi Tanaman Jahe

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Itulah informasi mengenai ekstrak herbal jahe, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

>" Tanaman Herbal Jahe "<

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan acuan IT Herbal agar lebih baik lagi,.